Current Time : 02:01:47
DENGAN SEMANGAT HARI JADI KE-272 KABUPATEN PACITAN
KITA JUNJUNG TINGGI KEBERSAMAAN UNTUK MAJU DAN SEJAHTERA BERSAMA RAKYAT
Untitled Document
Minggu, 23 Jul 2017
M S S R K J S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
  1. A.   LATAR BELAKANG

Dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan dan ukuntabel seiring dengan perkembangan yang sangat cepat dalam era informasi yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan layanan masyarakat yang prima, maka suatu instansi pemerintah dituntut untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam pelayanan.

Kantor Kecamatan Donorojo yang merupakan salah satu Perangkat Daerah di Kabupaten Pacitan, yang berada di tingkat wilayah mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan pembangunan di wilayah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Urusan yang menjadi peranan Satuan Kerja Perangkat Daerah ini sangat komplek diantaranya  urusan Pemerintahan, Pembangunan dan Pembinaan Masyarakat. Sehingga diperlukan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia yang memadai untuk peningkatan pelayanan yang optimal, propesional dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena begitu kompleknya urusan yang ditangani satuan kerja ini perlu adanya dukungan dari semua pihak. Hal ini tidak mudah karena perlu penanganan yang serius dan penanggung jawab yang profesional, cerdas, mempunyai wawasan ke depan yang akan membawa kemajuan, ulet dan lebih penting tahun akan kewilayahan serta mau dan mampu menciptakan inovasi-inovasi yang bertanggung jawab penuh terhadap bidang tugasnya. Hal ini juga harus didukung dengan adanya sumber daya manusia yang profesional, akuntabel dan punya kemauan untuk bekerja keras.

Perencanaan, sesuai dengan Undang-undang No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, adalah suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang ada. Sedangkan Rencana Stratejik (Renstra) adalah proses perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin di capai selama kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun secara sistematis dan berkesinambungan dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang mungkin timbul. Perencanaan stratejik ini mengandung ukuran keberhasilan dan kegagalan dalam perencanaannya.

                   Renstra Kecamatan Donorojo ini, merupakan dokumen perencanaan yang dalam penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pacitan tahun 2012-2017. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan No 23 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan No 4 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tahun 2012-2017.

 B.   MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud penyusunan Renstra Kecamatan Donorojo ini adalah sebagai dokumen perencanaan yang merupakan pedoman bagi Kantor Kecamatan Donorojo dalam melaksanakan tugasnya selama 5 (lima) tahun ke depan. Renstra ini memuat visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Kecamatan Donorojo serta berpedoman kepada RPJMD Kabupaten Pacitan dan bersifat indikatif.

              Bersifat indikatif adalah bahwa informasi baik tentang sumber daya yang diperlukan maupun keluaran dan dampak yang tercantum di dalam dokumen perencanaan ini hanya merupakan indikasi yang hendak dicapai dan bersifat tidak kaku.

Sedangkan tujuan dari penyusunan Renstra  Kecamatan Donorojo ini adalah :

  1. Merumuskan visi, misi, tujuan, strategi, dan kebijakan yang sesuai dengan tugas dan fungsi Kecamatan Donorojo agar selaras dengan program prioritas Bupati Pacitan terpilih.
  2. Mengintegrasikan RPJMD Kabupaten Pacitan tahun 2012-2017
  3. C.   LANDASAN HUKUM
  4. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Daerah
  6. Peraturan pemerintah Nomor 108 Tahun 2000 tentang Tata Cara Pertanggung Jawaban Kepala Daerah.
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005  tentang Pengelolaan Keuangan Daerah
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2007 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja kantor Daerah
  9. Peraturan Bupati Nomor 69 Tahun 2007 tentang  Struktur Organisasi Kecamatan Kabupaten Pacitan

 

D. HUBUNGAN RENSTRA KECAMATAN DONOROJO  DENGAN DOKUMEN

     PERENCANAAN LAINNYA

 

                      Renstra Kecamatan Donorojo dan Renstra dari SKPD lainnya di Kabupaten Pacitan merupakan pengintegrasian dari RPJMD Kabupaten Pacitan yang selaras dengan program Bupati Pacitan terpilih. Renstra lima tahunan ini juga merupakan bahan acuan bagi penyusunan perencanaan kegiatan Kecamatan Donorojo untuk tiap tahunnya selama tahun 2012-2017. Hubungan Renstra dengan dokumen perencanaan lainnya mengacu pada UU No 25 tahun 2004 pasal 5, yaitu diuraikan sebagai berikut :

  • RPJM Daerah Kabupaten Pacitan tahun 2012-2017  merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya memperhatikan RPJM Nasional   dan RPJM Daerah Propinsi Jawa Timur  , memuat arah kebijakan keuangan daerah, kebijakan umum, dan program Satuan  Kerja Perangkat Daerah, lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan program kewilayahan disertai rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.
  • RKPD Kabupaten Pacitan merupakan penjabaran dari RPJM Daerah Kabupaten Pacitan tahun 2012-2017, memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja, dan pendanaannya baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.
  • Renstra SKPD (Kecamatan Donorojo) memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD serta berpedoman pada RPJM Kabupaten Pacitan dan bersifat indikatif.

 

A. STRUKTUR ORGANISASI

Kedudukan Organisasi Kecamatan  berdasarkan Perda Nomor 21 Tahun 2007 tentang Susunan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Pacitan dan Peraturan Bupati   Nomor 69 Tahun 2007 Tentang Struktur Organisasi Kecamatan Kabupaten Pacitan  adalah sebagai berikut :

  1. Camat
  2. Sekretariat

-       Kasubbag PEP

-       Kasubbag TU

  1. Seksi pemerintahan
  2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban
  3. Seksi Perekonomian dan Pembangunan
  4. Seksi Kesejahteraan Sosial
  5. Seksi Pemberdayaan masyarakat
  6. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

 

B.  SUSUNAN KEPEGAWAIAN DAN PERLENGKAPAN

1. Susunan Organisasi Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan

     a. Eselon III                            : 2 Orang

     b. Eselon IV                           : 7 Orang

2. Keadaan Pegawai Tahun 2016  sejumlah 29 Orang

     a. Camat                              : 1 Orang

     b. Sekcam                             : 1 orang

     b. kasubbag TU                     : 1 Orang

     c. Kasubbag PEP                    : 1 Orang

     d. Kepala Seksi                     : 5 Orang

     e. Anggota                            : 21 Orang

3.  Keadaan berdasarkan pangkat dan Golongan 

     a. SD                                      : -

     b. SLTP                                   :     1 Orang

     c. SLTA                                    :   14 Orang

     d. SARJANA (S-1)                      :   11 Orang

     e. SARJANA  ( S-2)                    :     1  Orang

      f. SARMUD   (D-3)                    :   2  Orang

4.  Keadaan Sarana dan prasarana

     1). Keadaan Gedung dan Tanah

          Kecamatan Donorojo mempunyai bangunan gedung yang permanen terdiri dari :

  1. Ruang Camat
  2. Ruang Sekcam
  3. Ruang   Ekonomi dan Pembangunan
  4. Ruang Pemberdayaan Masyarakat
  5. Ruang  Kesejahteraan Sosial
  6. Ruang Pemerintahan
  7. Ruang Keamanan dan Ketertiban
  8. Ruang Tata Usaha
  9. Ruang Komputer
  10. Ruang Gudang
  11. Mushola

 

          2). Kendaraan Bermotor

               a. Kendaraan Dinas Roda Empat          : 1 Unit

               b. Kendaraan Dinas Roda Dua             : 7 Unit

         3). Perlengkapan Kantor

  1. Rak Arsip                                            : 6 Buah
  2. Almari Arsip                                        : 4 Buah
  3. Filleng kabinet                                   : 3 Buah
  4. Meja Kerja                                          : 20 Buah
  5. Kursi Kerja                                         : 25 Buah
  6. Kursi Plastik                                       : 90 Buah
  7. Mesin Ketik                                        : 2 Buah
  8. TV                                                       : 2 Buah
  9. Computer                                          : 4 Buah
  10. Lactop                                               : 2 buah
  11. Kipas Angin                                       : 1 Buah
  12. Meja Rapat                                       : 10 Buah

 

C. TUGAS DAN FUNGSI

1. Kecamatan merupakan wilayah kerja Camat sebagai Perangkat Daerah Kabupaten Pacitan yang dipimpin oleh Camat, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

2. Camat mempuntai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagaian urusan pemerintahan Kabupaten Pacitan

3. Camat sebagaimana dimaksud pada nomor 2 juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan meliputi :

      a. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat

      b. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan

      c. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum

      d. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum

      e. mengkoordinasikan penyelenggaraan di Tingkat Kecamatan

      f. Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan

      g. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan  

          atau yang belum dapat dilaskanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

  1. Sekretariat  mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas kecamatan di bidang ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, sarana dan prsarana, program, evaluasi dan pelaporan serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada Nomor 4  Sekretariat mempunyai tugas :
    1. Penyelenggaraan dan pengelolaan rumah Tangga , sarana dan perlengkapan
    2. Pelaksanaan surat-menyurat, kearsipan dan perpustakaan
    3. Pembinaan dan pengembangan serta pengelolaan administrasi kepegawaian
    4. Penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi keuangan
    5. Penyusunan program kerja dan laporan serta pelaksanaan evaluasi dan pengendalian

5.1. Sekretariat membawahi :

1)  Sub Bagian tatau Usaha dan Sub  Bagian Program, Evaluasi dan

      Pelaporan  Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala

      Sub Bagian yang   berada di bawah dan bertanggung jawab kepada

       Sekretaris.

1.1)   Sub Bagian tata Usaha mempunyai tugas :

a.

Menyusun rencana kerja ketatausahaan, keprotokolan, rumah tangga, pengadaan, kepegawaian dan keuangan

b.

Melaksanakan pengelolaan surat menyurat, tata naskah dinas, tata kearsipan, urusan rumah tangga, keamanan kantor dan penyelenggaraan upacara, pertemuan, rapat dinas dan kepustakaan

c.

Melaksanakan tugas-tugas keprotokolan dan administrasi perjalanan dinas

d.

Melaksanakan analisa kebutuhan dan pengadaan serta pengadministrasian perlengkapan kantor dan perbekalan lain serta inventarisasi terhadap barang-barang

 e.

 

Melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi pengumpulan data kepegawaian, buku induk pegawai, mutasi, kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pembinaan karier, pengurusan penghargaan dan kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai.

f

Melaksanakan pengendalian dan evaluasi ketatausahaan, keprotokolan, rumah tangga, pengadaan, kepegawaian dan keuangan

g.

Melaksanakan pengelola keuangan

h.

Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh sekretaris  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

1.2)   Sub Bagian Program, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas :

a.

Menyiapkan dan mengendalikan bahan dalam rangka perumusan rencana dan program-program pembangunan di wilayah kecamatan

b.

Melaksanakan tata laksana program, evaluasi dan pelaopran

c.

Mengadakan evaluasi dan pengendalian terhadap pelaksanaan program dan anggaran

d.

Menyusun laporan kegiatan bidang kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat

e.

Mendokumentasikan data-data hasil pelaksanaan program dan evaluasi di wilayah kecamatan

f.

Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekrtetaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

6. Seksi Pemerintahan mempunyai Tugas :

a.

Menyusun program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum dan desa/kelurahan 

b.

Memfasilitasi dan membina  penyelenggaraan Pemerintahan Desa, kerjasama antar Desa atau pihak ketiga, pelaksanaan pencalonan, pemilihan, pemberhentian perangkat desa

c.

Memfasilitasi dan membina penyelenggaraan pembentukan Badan Permusyawaratan Desa dan lembaga kemasyarakatan

d.

Melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan pendokumantasian administrasi pertanahan,

e.

Melaskanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tupoksinya.

 

7. Seksi Ketentraman dan Ketertiban   mempunyai Tugas :

a.

Menyusun program kerja pembinaan kententraman dan ketertiban umum 

b.

Menyusun program dan pembinaan kegiatan sosial dan politik, Idiologi dan kesatuan bangsa

c.

Melaksanakan pengamanan terhadap Kantor Kecamatan serta fasilitasnya

d.

 

Membantu penyelesaian perselisihan antar kelompok dan penegakan HAM

e.

Melaksanakan pengawasan atas perijinan

f.

Melaksanakan pengawasan terhadap pelaskanaan peraturan perundang-undangan

g.

Menjaga, menegakkan dan mengawasi pelaksanaan Peraturan Daerah dan Kputusan Bupati

h.

Melaskanakan perlindungan masyarakat dan pembinaan anggota perlindungan masyarakat (LINMAS)

i.

Menyusun evaluasi dan laporan tentang Kentraman dan ketertiban umum.

j.

Melaskanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tupoksinya.

8. Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas :

a.

Menyusun rencana kerja kegiatan bidang ekonomi dan pembangunan

b.

Melaksanakan pembinaan dan penyusunan pedoman anggaran pembangunan desa/kelurahan

c.

Melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa

d.

Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi terhadap pengembangan dan pembinaan perkonomian dan sumber daya alam

e.

Melaskanakan pengawasan seluruh kegiatan ekonomi dan pembangunan yang ada diwilayahnya

f.

Melaksanakan pengendalian dan evaluasi kegiatan dibidang ekonomi dan pembangunan

g.

Melaksanakan pengawasan terhadap pelaskanaan peraturan perundang-undangan

h.

Menjaga, menegakkan dan mengawasi pelaksanaan Peraturan Daerah dan Kputusan Bupati

i

Melaskanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tupoksinya.

9. Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas :

a.

Menyusun rencana kerja kegiatan bidang sosial, peranan wanita, kepemudaan dan keolahragaan

b.

Menyusun program pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan kesehatan masyarakat

c.

Memfasilitasi penyelenggaraan program KB dan pemberdayaan perempuan

d.

Memberikan pertimbangan pengajuan Gizi

e.

Melaksanakan pengendalian dan evaluasi kegiatan di bidang kesejahteraan sosial

f

Melaskanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tupoksinya.

10. Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas :

a.

Menyusun rencana kerja kegiatan bidang Pemberdayaan masyarakat

b.

Melaksanakan pembinaan dan pengembangan partisipasi masyarakat

c.

Memfasilitasi penggunaan alokasi Dana Desa /ADD

d.

Melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pemberdayaan kelembagaan pemerintahan desa

e.

Melaksanakan pengawasan terhadap organisasi sosial kemasyarakatan/lembaga swadaya masyarakat

e.

Melaskanakan pengendalian dan evaluasi kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat

f

Melaskanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tupoksinya.

 

GAMBARAN UMUM KONDISI DAERAH

 

A. KONDISI SAAT INI

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, telah terjadi perubahan mengenai Kecamatan menyangkut kedudukan, tugas pokok dan fungsi yang sebelumnya merupakan perangkat wilayah dalam kerangka asas dekonsentrasi berubah statusnya menjadi perangkat daerah dalam kerangka asas dekonsentrasi. Akan tetapi  sesungguhnya SKPD Kecaamatan yang dipimpin oleh seorang Camat  oleh masyarakat masih dianggap sebagai Kepala Wilayah seperti dahulu sebelum berlakunya UU No 32 tahun 2004.

Adapun kondisi  Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan Donorojo saat ini yang telah dan akan dilaksanakan sebagai berikut :

  • Keberadaan SKPD Kecamatan Donorojo ini diharapkan mampu mengatasi persoalan-persoalan yang fundamental baik di bidang pemerintahan, Pembangunan dan kemasyarakatan.
  • Di wilayah Kecamatan Donorojo, persoalan-persoalan yang ada di masyarakat itu sedemikian sangat komplek namun resources yang dimiliki baik itu dana, SDM, sarana dan prasarana kerja masih sangat terbatas, Namun dengan segala keterbatasan yang ada lembaga SKPD Kecamatan Donorojo tetap memiliki sebuah komitmen untuk menjadi fasilitator yang baik dalam rangka mengatasi segala permasalahan di wilayah.

 B. KONDISI YANG DIINGINKAN

Agar dapatnya SKPD Kecamatan Donorojo mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana di atur dalam UU 32 tahun 2004 dan berdasarkan Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka SKPD Kecamatan Donorojo ke depan itu dapat disamakan dengan SKPD tingkat Kabupaten yang meliputi Badan, Dinas dan Kantor,  dimana berbagai kegiatan berbasis pada anggaran sehingga akan tercipta kondisi :

  • SDM aparatur mulai dari Pejabat dan seluruh staf memiliki kompetensi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
  • Tersedianya sarana dan prasarana dasar  yang memadai dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas, sarana dan prasarana dimaksud antara lain : ruang rapat, meja kerja, rak, kursi, sepeda motor, komputer/laptop , LCD, Handy Camp, Foto Digital dll serta tersedia dana minimal cukup untuk melaksanakan kegiatan

 

VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI, KEBIJAKAN

 

A. VISI DAN MISI KABUPATEN

Visi  : Terwujudnya masyarakat Pacitan yang  sejahtera.

Misi :

  • Profesional birokrasi dalam rangka  meningkatkan pelayanan prima dan mewujudkan  Tata Pemerintahan yang baik;
  • Meningkatkan Derajat kesejahteraan masyarakat
  • Menjalankan administrasi publik berdasarkan prinsip-prinsip good governance dan clean government
  • Meningkatkan akses dan kualitas pendidikan masyarakat
  • Meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi yang bertumpu pada potensi unggulan;
  • Pembangunan infra struktur yang berkelanjutan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar;
  • Mengembangkan tatanan kehidupan masyarakat yang berbudaya berkepribadian dan memiliki keimanan serta memantapkan kerukunan umat beragama.

 

 B. VISI DAN MISI SKPD

      Visi :

                Merupakan cara pandang jauh ke depan yang memberikan gambaran aspirasi masa depan, berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan jaman memiliki nilai yang dinginkan, dapat dikombinasikan dan mudah di mengerti oleh jajaran Pemerintah dan berorientasi pada pencapaian hasil.

                 Dalam rangka penyesuaian peranannya SKPD Kecamatan Donorojo mempunyai Visi : “ Masyarakat yang maju dan sejahtera, dinamis, aman dan damai ”  .

Misi :

                 Adapun  misi SKPD Kecamatan Donorojo adalah sebagai berikut :

  • Memfasilitasi berbagai kegiatan pembangunan yang telah di programkan oleh SKPD di tingkat Kabupaten.
  • Menjalankan pelayanan publik berdasarkan prinsip-prinsip good governance dan clean government,
  • Melaksanakan tugas pembinaan administrasi Pemerintah Desa
  • Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  • Memfasilitasi upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah menurut petunjuk tingkat kabupaten.

 

C. TUJUAN

                 Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan, misi, yang di dalamnya  menggambarkan arah strategi organisasi dan perbaikan-perbaikan yang ingin di ciptakan sesuai tugas dan fungsi organisasi. Adapun tujuannya adalah :

  1. Terlaksananya berbagai program pembangunan yang diprogramkan oleh SKPD Tingkat Kabupaten yang masuk di wilayah
  2. Terlaksananya pelayanan prima di masyarakat
  3. Terbinanya administrasi penyelenggaraan pemerintahan desa
  4. Meningkatkan keswadayaan dan kegotong royongan masyarakat dalam kegiatan di segala bidang
  5. Terwujudnya kesadaran masyarakat dalam ketertiban umum di lingkungan.

 

D. STRATEGI

                 Untuk mewujudkan Visi dan Misi SKPD Kecamatan Donorojo  tahun 2012-2017    maka strateginya adalah Optimalisasi sumber daya internal dan eksternal dalam rangka menciptakan kondisi masyarakat Donorojo yang sejahtera dalam suasana aman dan damai.

 

E. KEBIJAKAN

 

                 Kebijakan adalah merupakan pedoman pelaksanaan tindakan (program dan kegiatan) yang akan dilaksanakan. Adapun kebijakan didalam perencanaan strategi SKPD Kecamatan Donorojo sebagai berikut

  1. Peningkatan kualitas SDM SKPD Kecamatan Donorojo
  2. Meningkatkan kualitas koordinasi terhadap semua stake holders
  3. Menyamakan persepsi dalam rangka melaksanakan kebijakan pemerintah yang lebih atas dan mengatasi persoalan yang ada di masyarakat.
  4. Mengusahakan terpenuhinya fasilitas dasar untuk melaksanakan tugas pelayanan umum
  5. Mengupayakan sumber dana untuk melaksanakan kegiatan pembinaan administrasi desa.

 

A. PROGRAM DAN KEGIATAN LOKALITAS KEWENANGAN SKPD

Dalam pelaksanaan program dan kegiatan SKPD Kecamatan Donorojo mengedepankan terciptanya masyarakat Donorojo yang sejahtera dalam suasana aman dan damai. Disamping itu sesuai tugas pokok dan fungsi membantu Bupati dalam rangka melaksanakan dan menjabarkan kebijakannya  di segala bidang kegiatan sesuai petunjuk.

 

B. PROGRAM DAN KEGIATAN LINTAS SKPD

Dalam menciptakan masyarakat Donorojo yang sejahtera dalam suasana aman dan damai selalu bekerja sama dengan seluruh SKPD di Kabupaten, UPT dan instansi sektoral di Tingkat Kecamatan dan Pemerintah Desa se Wilayah Kecamatan Donorojo diantaranya :

  1. Dalam rangka pelaksanaan tugas Pemerintahan Desa bekerja sama dengan Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Kab. Pacitan
  2. Dalam rangka pelaksanaan tugas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Pacitan.
  3. Dalam rangka pelaksanaan tugas GPKA bekerja sama dengan UPT Hutbun dan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pacitan.  

PENUTUP 

                 Renstra Kecamatan Donorojo ini, merupakan dokumen perencanaan yang dalam penyusunannya berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pacitan tahun 2012-2017. Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan No 23 Tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Pacitan No 4 Tahun 2006 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tahun 2012-2017.

                 Rencana Strategis Kecamatan Donorojo adalah sebagai rencana yang berisi tentang  Visi dan Misi bidang-bidang strategis yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. Penyusunan Renstra diharapkan dapat sebagai acuan tugas SKPD Kecamatan Donorojo, dan penyusunan renstra ini memiliki arti yang sangat penting dan merupakan arah kebijakan yang akan di jalankan

                 Demikian Renstra Kecamatan Donorojo semoga dapat bermanfaat sehingga kinerja akan terus berlangsung sesuai program dan kemampuan yang ada dalam rangka pelaksanaan roda pemerintahan dan pembangunan.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita dalam menjalankan tugas.

Amin.

 
Untitled Document