Current Time : 14:06:00
Untitled Document
Jumat, 21 Jul 2017
M S S R K J S
1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31

VISI-MISI-TUJUAN

A. VISI

Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan merupakan suatu langkah penting dalam kebijakan penyelenggaraan pemerintah. Pada hakekatnya visi merupakan suatu gambaran mengenai masa berupa kemitraan murni tanpa ada rasa keterpaksaan dan merupakan milik bersama dan diyakini oleh seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Pringkuku.

Visi merupakan cara pandang jauh ke depan tentang kemana dan bagaimana suatu pemerintahan akan dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. Visi pemerintahan yang baik adalah visi yang memberikan gambaran aspirasi masa depan berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan jaman, memiliki nilai yang diinginkan oleh seluruh bagian masyarakat serta dapat dikomunikasikan dan dimengerti oleh seluruh jajaran pemerintah serta berorientasi pada pencapaian hasil.

Adapun Visi Pembangunan Kecamatan Pringkuku adalah Mewujudkan Masyarakat Kecamatan Pringkuku yang Dinamis, Sejahtera Lahir dan Batin dalam Tatanan Kehidupan yang Berwawasan Lingkungan.

 

B. MISI

Untuk mewujudkan visi pembangunan di Kecamatan Pringkuku tersebut perlu menetapkan misi yang merupakan pernyataan penetapan tujuan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kecamatan Pringkuku dan sasaran yang ingin dicapai.

Adapun misi yang merupakan orientasi konkrit yang ingin dicapai tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang bermartabat dengan terpenuhinya kebutuhan dasar yang berupa pangan, sandang, papan dan pendidikan serta lapangan kerja.
  2. Menciptakan kondisi masyarakat yang dinamis dalam kehidupan masyarakat yang religious, demokratis dan sadar hukum, di dalam penerapan prinsip ini dibuat laporan tentang pelaksanaan program kerja selama 1 (satu) tahun dari kantor Kecamatan Pringkuku.
  3. Proporsionalitas, prinsip ini diterapkan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat agar lebih efektif dan efisien berdaya guna dan berhasil guna.
  4. Kerjasama, prinsip ini diterapkan dalam rangka mewujudkan kerjasama dalam lembaga Instansi Pemerintah lainnya guna kelancaran pelaksanaan tugas.

Partisipasi, prinsip ini diterapkan dalam rangka meningkatkan peran serta semua pihak termasuk juga peran serta masyarakat dan swasta guna mendukung kelancaran di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan kelancaran penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

 

C. TUJUAN

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari peryataan misi, tujuan juga merupakan sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan pada jangka waktu 1 (tahun) atau 5 (lima) tahun. Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan serta tugas pokok pada Kantor Kecamatan, dalam rangka memperlancar pelaksanaan fungsi pemerintahan melalui penerapan sistem administrasi umum, pemerintahan, pembangunan dan anggaran, hukum perundang-undangan serta penataan perangkat daerah dengan mengedepankan prinsip-prinsip kepemerintahan yang baik, maka dapat dirumuskan tujuan yang akan dicapai adalah :

  1. Mewujudkan akuntabilitas , transparansi, disiplin pengelolaan keuangan daerah, tertib administrasi pengelolaan asset daerah, administrasi pembangunan dan administrasi pemerintahan umum, desa/keluarahan serta keagrariaan.
  2. Mewujudkan peraturan perundang-undangan yang memiliki kepastian hukum, sebagai landasan yuridis, adaptif terhadap perubahan dan mampu melindungi masyarakat secara adil, benar seimbang, sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  3. Meningkatkan peran lembaga daerah, dan kualitas SDM aparatur daerah dalam rangka peningkatan kinerja untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan yang demokratis. 

 
Untitled Document